Memilih Undangan Nikah

Pernikahan adalah sesuatu yang sangat membahagiakan bagi kedua mempelai juga keluarga dan semua pihak yang terkait. Untuk ini pesta pernikahan atau resepsi pernikahan seringkali dilakukan dengan mengharapkan kehadiran semua orang yang mengenal atau berhubungan dengan kedua mempelai. Agar berita bahagia ini dapat sampai pada pihak-pihak yang terkait, maka kedua mempelai harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, terutama adalah undangan nikah. 

Banyak hal menjadi pertimbangan dalam memilih undangan nikah. Sewajarnya, undangan nikah menjadi satu hal yang sangat penting bagi kedua mempelai dalam proses persiapan hari bahagia yang akan datang. Kedua mempelai akan berusaha memilih undangan yang tepat yang akan mewakili mereka dalam menyampaikan berita bahagia pada orang lain yang diharapkan hadir pada pesta pernikahan mereka.

Berbagai jenis undangan nikah tersedia di berbagai perusahaan kecil maupun besar yang menawarkan undangan dengan berbagai macam kualitas. Hal ini juga menjadi pertimbangan yang sulit bagi kedia mempelai untuk memilih undangan pernikahan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Salah satu cara yang dapat membantu mereka menyelesaikan masalah ini adalah dengan membuat desain undangan nikah yang sesuai dengan keinginan mereka. Kedua mempelai akan mampu menyesuaikan desain undangan nikah ini dengan tiap-tiap keinginan dan kebutuhan akan undangan yang akan disebarkan pada para tamu yang diharapkan hadir pada acara pernikahan mereka. Desain, gambar, tulisan, dan bentuk undangan akan dapat disesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh kedua mempelai, serumit apapun desain tersebut. Apabila kedua mempelai tidak dapat melakukan proses pembuatan desain sendiri, maka akan ada banyak pihak yang dapat membantu pembuatan desain ini. Beberapa perusahaan juga menyediakan jasa pencetakan dan penyebaran bagi undangan nikah yang mereka desain. Calon pengantin dapat memesan desain yang ingin mereka buat, dan mereka juga dapat merevisi desain tersebut jika ternyata hasil yang diberikan oleh pendesain tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Mereka juga dapat membawa contoh undangan pernikahan yang mereka inginkan untuk dicetak sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti nama mempelai, orang tua, lokasi dan waktu pelaksanaan pernikahan, juga kutipan-kutipan dan berbagai foto yang dapat disertakan.

Satu hal yang harus dipertimbangkan dari pembuatan desain undangan nikah ini adalah biaya yang harus dikeluarkan. Kedua calon mempelai harus membayar lebih untuk tiap desain yang dibuat, juga ditambah dengan biaya percetakan dan penyebaran. Kualitas yang dihasilkan tentu saja akan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan karena desain undangan nikah akan sangat sesuai dengan permintaan calon mempelai, bahkan pada setiap detail. Apabila anda tidak memiliki masalah dengan biaya yang harus dikeluarkan, maka pembuatan undangan nikah dengan cara ini adalah yang paling sesuai.

Sebaliknya, jika biaya merupakan masalah bagi pernikahan yang akan diadakan, maka calon pengantin dapat memilih jenis pembuatan undangan nikah yang lain. Hal ini akan sangat mudah karena ada banyak perusahaan, percetakan, maupun toko yang menyediakan undangan pernikahan dengan contoh desain yang sudah ada atau sudah dibuat. Calon pengantin dapat memilih dari contoh-contoh undangan nikah ini dan memesan pergantian nama mempelai, orang tua, lokasi dan waktu pelaksanaan pernikahan, juga kutipan-kutipan dan berbagai foto. Walaupun ada beragam contoh undangan pernikahan, hal ini masih terbatas jika dibandingkan dengan undangan pernikahan yang dapat didesain sendiri. Namun hal ini merupakan cara terbaik bagi mereka yang ingin menghemat pengeluaran acara pernikahan mereka ataupun bagi mereka yang memiliki masalah dengan biaya di dalam persiapan maupun penyelenggaraan hari bahagia ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa undangan pernikahan bukan satu-satunya hal yang harus dipersiapkan dan membutuhkan biaya besar dalam penyelenggaraan pernikahan. Ada berbagai macam hal lain yang juga akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya, tidak seharusnya calon pengantin hanya memperhatikan undangan pernikahan untuk menjadi yang terbaik, dan melupakan hal-hal penting lainnnya.

Be Sociable, Share!


Leave a Reply

*